Workshop Implementasi E-rapot dilaksankan pada hari senin, 16 November 2020 Pukul 07.00 WIB – selesai dengan Pembicara Bapak :

  1. Maryanto, S.Pd.,M.Pd.
  2. Muhsidi, S.Pd.
  3. Setya antara, S.Pd.

Kegiatan dibuka oleh bapak Winarno, S.Pd, M.Pd. menerangkan bahwa :

  1. Dalam penyampaian hasil belajar anak sebelumnya sangat membutuhkan banyak kertas, Dengan aplikasi e-rapor diharapkan dapat mempermudah dalam penyampaian hasil belajar siswa.
  2. Penilaian guru di SMA N 1 klego menggunakan aplikasi sekolah SinauGo yang dalam proses penilaianya tidak menfasilitasi interaksi langsung dengan siswa, meski sudah ditunjang dengan google meeet cara penilaian belum valid.

Kegiatan

  • Pemaparan e-rapor sesi 1

Oleh bapak maryanto dijelaskan mengenai Penilaian harus berdasarkan penilaian yang valid. Penilaian diakhir semester dan akir tahun harus dirapatkan oleh dewan guru.

  • Pemaparan e-rapor sesi 2

Oleh bapak muhsidi bahwa

  1. Penilaian pengetahuan setiap KD minimal terdiri dari 2 penilaian. Misal penilaian tengah semester dam penilaian akhir semester.
  2. Penilaian sikap dilakukan oleh guru mapel, guru BK dan wali Kelas.
  3. Penilaian keterampilan setiap KD minimal dilakukan satu kali penilaian. Jika terdiri dari lebih dari satu penilaian yang sejenis maka nilai optimal lah yang digunakan, sedangkan jika lebih dari satu penilaian namun dengan jenis yang berbeda nilai rata-rata yangdigunakan untuk penilaian.
  4. Backup rapor diperlukan untuk arsip baik oleh wali kelas maupun sekolah. Sebelum dicetak wajib didownload dan diarsipkan sehingga da riwayat rapor setiap semester.
  5. Simpan format impor nilai penegtahuan dan ketrampilan harus word 2003/2007 agar dapat terbaca disemua PC.
  6. Nilai setiap KD harus berbeda ketika sama deskripsi rapor akan rancu.
  • Praktik pengisian e-rapor

Dipandu oleh bapak Setya Antara menjelaskan tentang

  1. Pengisian dalam aplikasi e-rapor sebaiknya dimulai dari atas sehingga mengurangi kemungkinan kelewat input baik deskripsi nilai maupun prose kirim nilai
  2. Dalam praktik input nilai pengetahuan terdapat kendala salah satu mata pelajaran terdapat dua siswa yang nilai rapornya tidak dapat terbaca. Namun hal ini dapat diatsi setelah mengcroscek dan mempebaiki data sehingga diskripsi dirapor menjadi lebih singkat

WORKSHOP IMPLEMENTASI E-RAPOR