Sejarah Singkat

SEJARAH BERDIRINYA SMA NEGERI 1 KLEGO

Berdasarkan surat dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali tertanggal 21 Juni 1996 tentang Surat Perintah Kepala Sekolah No : 2710 / I03.09 / cf.1996  dengan merujuk surat dari Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah No : 761 / I03 / U / 1996 tanggal 5 Juni 1996 perihal : Penerimaan Siswa Baru pada UGB SMP dan UGB SMU tahun pelajaran 1996 / 1997, memberikan tugas kepada :

Nama               : Drs. Sutris al Sutrisno

NIP                   : 130196275

Pangkat / gol  : Penata TK I / III d

Jabatan            : Kepala SMU Negeri 1 Simo Boyolali

Terhitung mulai tanggal 1 Juni 1996  sebagai ymt. Kepala Sekolah pada UGB SMU Negeri 1 Klego. Surat Perintah ymt. Kepala Sekolah di tanda tangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali ( Akhmad Syukri, SH ).

Dengan merujuk pada surat dari Kakanwil Depdikbud Prop Jateng maka mulai 1 Juni 1996, UGB SMA Negeri mulai menerima siswa baru tahun pelajaran 1996 / 1997 dengan menerima siswa kelas 1 sebanyak 3 kelas ( rombel ) dengan jumlah siswa 120 anak. Mengingat gedung UGB SMU Negeri 1 Klego belum jadi maka proses KBM masih meminjam tempat di SD Negeri Jaten,  dengan waktu KBM dari jam 13.30 WIB sampai jam 17.00 WIB.

Untuk kali pertama dalam penerimaan siswa baru, UGB SMU Negeri 1 Klego melakukan langkah penjaringan siswa baru melalui selebaran dan promosi dari pemerintah Desa Jaten yang dipimpin Bapak Samsudin. Disamping itu mendapat dukungan dari pemerintah Kecamatan Klego di bawah pimpinan Bapak Camat Klego yaitu Bapak Hadi Suyitno ( jabatan terakhir pensiun sebagai kepala BKD Kabupaten Boyolali ).  UGB SMU Negeri 1 Klego terletak di desa Jaten, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali dengan jarak 4 km dari kota kecamatan dan 30 km dari kota kabupaten. Dengan usaha penjaringan siswa tersebut akhirnya siswa tahun pertama terjaring siswa dari luar kecamatan Klego antara lain dari Nogosari, Banyudono, Sambi, Wonosegoro, Karanggede, Simo, Andong dan tentunya dari Klego sendiri.

Hari pertama masuk sekolah bagi siswa baru UGB SMU Negeri 1 Klego untuk kelas 1 tahun pelajaran 1996 / 1997 diawali pada tanggal 15 Juli 1996, dengan tenaga pengajar dari SMU Negeri 1 Simo Boyolali dan beberapa guru GTT serta dibantu tenaga administrasi.

Awal berdiri SMA Negeri 1 Klego mengalami beberapa kendala / hambatan / tantangan antara lain :

  1. Kepala sekolah dan tenaga pengajar belum definitif karena masih diampu dari guru-guru dari SMA Negeri 1 Simo dan masih kekurangan tenaga pengajar
  2. Sarana prasarana pembelajaran belum memadai sehingga meminjam SD Negeri Jaten sambil menunggu penyelesaian pembangunan RKB ( awal berdiri hanya mendapat 1 ruang laboratorium, ruang perpustakaan, ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang tata usaha, dan 3 ruang kelas saja )
  3. Bagi siswa yang menggunakan kendaraan umum ketika pulang sekolah mengalami kesulitan karena pelajaran baru berakhir pukul 17.30 WIB dan sudah jarang kendaraan umum ( bis )

Namun segala tantangan atau hambatan yang ada berhasil dilalui dengan perjuangan dan dedikasi yang tinggi dari seluruh civitas akademika SMA Negeri 1 Klego.

Pada perkembangannya, SMA Negeri 1 Klego mulai berbenah di beberapa aspek baik akademik maupun non akademik, sehingga lambat laun berbagai prestasi berhasil diraih baik ditingkat Kabupaten, Karesidenan Surakarta, Propinsi maupun Internasional ( tae kwon do )

Kemajuan sekolah diimbangi dengan bertambahnya jumlah rombel yang terus meningkat bahkan tahun 2018 telah mempunyai 20 rombel. Alumni SMA Negeri 1 Klego banyak yang diterima di perguruan tinggi seperti UGM, UNDIP, UNNES, POLINES, STT Telkom, UNY, UNTIDAR, IAIN, STAIN, STIS. Selain itu alumni banyak bekerja di pemerintahan ( PNS, TNI / Polri, Perbankkan ) maupun swasta. Hingga saat ini (1996-2019) SMA Negeri 1 Klego sudah meluluskan 2.832 siswa yang terdiri dari 1.157 siswa program IPA dan 1.674 siswa program IPS.